Berbagi Bersama Menjadi Hidup Lebih Bermakna

Tanggul Jebol, Ratusan Warga Panik

  ANJATAN - Akibat tidak kuat menahan arus air, tanggul kali saluran sekunder di blok kandang sapi 2 Desa Salam darma kecamatan Anjatan, Rabu(29/10) siang jebol. Kejadian tersebut membuat warga yang bermukim di pinggiran tanggul kali itu panik
    "Mulai jebol  jam 12 siang.sekarang bertambah lebar karena arusnya deras sekali. Harus segera di turunkan debit airnya, karena jika tidak air dari kali itu akan meluber kedaratan dan nantinya akan merendam rumah warga, "ujar Herman, salah seorang warga.
    Akibat jebolnya tanggul  SS Salamdarma itu, Herman mengaku kehilangan 5000 ekor ikan Lele dumbo yang diternaknya.
Ikannya  itu ia ternak dipinggir kalen dibawah SS tersebut.
    "Sudah berusia enam bulan,semuanya hilang hanyut tersapu air,ungkapnya.
Debit air di kali SS Salamdarma mengalami kenaikan karena sedang dilakukan pengalihan arus,karena di beberapa SS lainnya tengah dilakukan normalisasi.
    Camat Anjatan Mulya Sedjati SE bersama sejumlah staff langsung terjun ke lokasi setelah melakukan koordinasi dengan pihak PJT untuk segera dilakukan perbaikan. Kemungkinan proses perbaikan tanggul baru akan dimulai besok(hari ini,red)," kata dia.
    Menurut Mulya, perbaikan memang harus dilakukan sesegera mungkin.Sebab distribusi air menuju wilayah kecamatan Gabus Wetan pasti terganggu akibat menurunnya pasokan air irigasi dari bendung Salam darma tersebut. Padahal wilayah itu sedang membutuhkan air lantaran sedang memasuki musim tanam.
Sumber, Radar cirebon

Related Posts:

Post a Comment