Berbagi Bersama Menjadi Hidup Lebih Bermakna

Ukuran Lapangan Sepak Bola


    Berawal dari seorang teman yang menanyakan tentang berapa ukuran lapangan sepak bola yang sebenarnya, saya jadi terinspirasi untuk membikin tulisan tentang ukuran lapangan bola, karena memang saat ini teman saya sekarang menjadi bagian dari panitia proyek  lapangan sepak bola yang sekarang sedang di garap di desa karangsinom blok 3 tepatnya di belakang kantor PDAM Cabang Kandanghaur.


    Besar harapan saya semoga artikel ini bermanfaat dan proyek akan berjalan lancar sehingga pembangunan lapangan terealisasi dengan baik meski hanya sebuah bangunan lapangan bola sederhana. jujur kami bangga dengan proyek ini, setelah puluhan tahun lamanya masyarakat Karanganyar khususnya blok Karangsinom mendambakan terealisasinya program ini

    Dulu pemerintah setempat selalu bilang ke para pemuda dan masyarakat, silahkan kalau pada pengen main bola gunakan lapangan yang sudah ada seperti di belakang Pom Bensin dan dibelakang SMPN 1 Kandanghaur, silahkan kalian kelola tapi para pemuda tidak tertarik mereka lebih memilih lapangan Santing ketimbang kedua lapangan tersebut meski harus membayar kontrak per tahunya.

    Alhamdulillah, sekarang terealisasi terimakasih kepada pemerintah desa sekarang khususnya Kuwu Bpk H.Subita yang telah merelahkan sebagian  lahan Titisara untuk di jadikan Lapangan sepak bola.

   Berikut akan saya jelaskan secara detail tentang ukuran lapangan sepak bola dan aturan permainan sepak bola standar FIFA yang dirangkum dari berbagai sumber.

   FIFA  adalah suatu organisasi resmi sepak bola seluruh dunia, dan mereka telah mentapkan ukuran lapangan sepak bola. Ukuran ini sendiri terdiri dari panjang, lebar lapangan, bentuk, hingga ukuran gawang. Berikut ini adalah bagian-bagian ukuran lapangan sepak bola seperti gambar diatas yang telah ditetapkan oleh FIFA: 
  • Panjang lapangan sepak bola : 90-120 meter.
  • Lebar lapangan sepak bola : 60-90 meter. 
  • Bentuk
Untuk bentuk ukuran lapangan sepak bola sendiri, persegi panjang dan dengan perbandingan panjang dan lebar (P xL = 2:1), atau kurang sedikit. Misalnya panjang lapangan 90 meter jadi lebarnya harus 60 meter atau lebih.
  • Garis Lingkaran Tengah / Kick Off Area
Pada garis lingkaran tengah sendiri harus berdiameter 9,15 meter dan berada tepat ditengah lapangan pada titik yang mana digunakan untuk kick off.
  • Kotak Penalti
Area dimana penjaga gawang bebas memegang bola disebut kotak penalti. Dan juga bila salah satu pemain lawan dilanggar dalam kotak penaltinya sendiri, maka tim lawan mendapat hadiah penalti dengan jarak 11 meter dari gawang. Dan juga hanya berhadapan dengan penjaga gawag dab dua kotak penalti yang terdiri dari: 
  • Kotak Penalti Besar (18 yard box)
Kotak bagian ini sendiri memiliki panjang sekitar 40-45 meter dan lebar sekitar 16-19 meter.
  • Kotak Penalti Kecil (6 yard box)
Pada kotak penalti bagian ini sendiri hanya berukuran panjang sekitar 18 meter dan lebar 5,5 meter saja. Dan ini sudah merupakan ukuran lapangan sepak bola yang sudah ditetapkan oleh FIFA.
  • Gawang
Untuk ukuran gawang sendiri harus berbanding 3:2 dengan bentuk persegi panjang. Untuk idealnya dan sudah ditetapkan oleh FIFA adalah tinggi 2,4 meter, dan lebar 7,3 meter.
Itulah bentuk dan ukuran lapangan sepak bola yang sudah ditetapkan oleh pihak FIFA sendiri. Dan juga ukuran lapangan sepak bola ini sendiri sudah begitu ideal.


Related Posts:

Post a Comment