Berbagi Bersama Menjadi Hidup Lebih Bermakna

PDAM Siap Bantu Kesulitan Damkar

Nurzaman. BA
Kepala Unit PDAM Anjatan
     PATROL - Dampak kekeringan tidak hanya dirasakan oleh para petani, tapi juga UPTD Pemadam Kebakaran. Pasalnya, setiap kemarau tiba, petugas kerap kesulitan mencari sumber air ketika terjadi musibah kebakaran.
"Selama ini Damkar mengandalkan sumber air dari sungai. Tapi kalau musim kemarau air sungai menyusut, termasuk kolam penampung air yang kami miliki. Tentu ini menjadi kendala bagi kami," kata komandan regu (Danru)  Damkar Unit Pantura Patrol, Tofan Hardiansyah didampingi Sopandi kepada Radar, Rabu (4/9).
    Dengan kondisi seperti itu,  ketika terjadi musibah kebakaran pihaknya harus pintar pintar mencari sumber air yang dekat dengan lokasi kejadian. Meskipun faktanya hal itu sulit dilakukan karena hampir mayoritas sumber air dalam keadaan kering.
    Selain itu, tangki air mobil Damkar yang stand by dikantor UPTD, harus tetap dalam kondisi penuh. Sehingga sewaktu- waktu dibutuhkam bisa langsung digunakan.
    Setiap memasuki musim kemarau, petugas Damkar tetap siaga menyusul tingginya kerawanan musibah kebakaran khususnya di wilayah Kabupaten Indramayu bagian barat. Sepanjang bulan Agustus- September saja, telah terjadi dua peristiwa kebakaran yang umumnya menimpa rumah warga akibat korsleting listrik.
    Pihaknya mengimbau warga untuk tetap waspada akan bahaya kebakaran. Caranya dengan mengecek instalasi kabel listrik atau peralatan elektronik rumah tangga, yang rawan menjadi penyebab kebakaran. Misalnya tidak menaruh lilin dan obat nyamuk sembarangan saat terjadinya mati lampu.
    Terpisah, kepala PDAM Tirta Darma Ayu (TDA) Unit Anjatan Nurzaman BA menyatakan, siap membantu petugas Damkar dalam menyediakan air bagi armada pemadam. "Siap 24 jam, kapan saja dibutuhkan air tersedia", menurut dia, kerja sama antara PDAM dan Damkar sudah terjalin dengan baik terutama dalam menanggulangi kondisi darurat yang berkaitan dengan persoalan kebutuhan air.
    Seperti pada musim lebaran lalu, dimana PDAM mendistribusikan bantuan pasokan air bagi Masjid- masjid dijalur pantura yang mengalami kekurangan air akibat menbludaknya jamaah pemudik. Karena darurat, saat itu air langsung didistribusikan dengan menggunakan mobil Damkar.

Sumber, Radar cirebon


Related Posts:

Post a Comment