Berbagi Bersama Menjadi Hidup Lebih Bermakna

Instalasi Bugis Suplai Kandanghaur

Agus Suprihartono. S Sos
Kepala  Cabang PDAM Kandanghaur
    KANDANGHAUR - Untuk mengantisipasi kekurangan air bersih, PDAM Tirta Darma Ayu Cabang Kandanghaur akan mengambil air bersih dari instalasi Bugis Kecamatan Anjatan, upaya itu dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan optimal terhadap para pelanggan.

    Produksi Air bersih pada Instalasi Babakan Jaya Kecamatan Gabus wetan yang selama ini untuk kebutuhan pelanggan di wilayah Kecamatan Kandanghaur dan Gabus wetan kapasitasnya 60 l/detik, sementara pelanggan yang ada jumlahnya 6700.
    Kepala Cabang PDAM Kandanghaur, Agus Suprihartono S Sos,  mengatakan, kapasitas di Instalasi Babakan Jaya sebenarnya mencukupi untuk kebutuhan 6700 pelanggan, namun sebagai upaya mengantisipasi kekurangan akibat terjadinya gangguan seperti kebocoran pada pipa saluran atau kerusakan lainnya, maka pihaknya perlu mengambil air dari Instalasi Bugis.
"Rencananya tahun ini kami akan membuat saluran dengan memasang pipa, pipa tersebut nantinya melintasi wilayah Kecamatan Bongas, timur patrol terus melalui dekat jalan pantura hingga ke Kandanghaur. Dipasangnya pipa untuk suplai air itu, nantinya juga sekaligus membuka jaringan baru untuk masyarakat yang ada diwilayah Kecamatan Bongas, karena di Bongas belum dibuka jaringan PDAM." ujar Agus, jum'at (12/4).
     Pada Instalasi Bugis kapasitas produksi air 150 l/det, selain untuk memenuhi pelanggan diwilayah unit PDAM Anjatan yang membawahi wilayah Patrol dan Sukra juga bisa membantu menyuplai wilayah Kandanghaur dan Gabus wetan.
"Seperti yang kita alami sekarang, selama tiga hari pelanggan diwilayah Kecamatan Kandanghaur tidak mendapat suplai air karena ada perbaikan pada pipa saluran yang berlokasi di jembatan Karangsinom Desa Karanganyar, perbaikan tersebut karena pipa itu usianya sudah lebih dari 20 tahun, rencana untuk mengambil dari Instalasi Bugis dan pembuatan salurannya akan dikerjakan tahun ini, untuk mengantisipasi hal seperti ini. Maksudnya, ketika pada pipa saluran dari Babakan Jaya mengalami gangguan atau perbaikan maka air yang dari Instalasi Bugis penggantinya, ini agar kebutuhan pelanggan bisa selalu terpenuhi," paparnya.
Sumber: Radar cirebon

Related Posts:

Post a Comment