Berbagi Bersama Menjadi Hidup Lebih Bermakna

PDAM Jamin Tarif Tidak Naik


Suyanto.ST.MT

     INDRAMAYU - Pemerintah telah memastikan Tarif Dasar Listrik (TDL) naik 15% secara bertahap di tahun 2013, meski terbebani, Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Darma Ayu Indramayu menjamin tarif air tidak ikut-ikutan naik.

"Tarif dipastikan tidak akan naik", demikian yang disampaikan Suyanto ST.MT. (Pjs) diruang kerjanya kamis (27/12).
    Opsi tersebut dipilih lantaran tak ingin Pelanggan PDAM terbebani walaupun biaya operasional dipastikan akan naik, apalagi masyarakat juga ikut merasakan dampak kenaikan Tarif Dasar Listrik.
    Disebutkan Suyanto, dari hitung hitungannya beban biaya operasional dampak dari kenaikan TDL nantinya diperkirakan mencapai Rp.1 milyar perbulan, pasalnya sebagian proses produksi dan pendistribusian air bersih kepada pelanggan PDAM Indramayu yang tersebar di 7 cabang dan 6 unit pelayanannya menggunakan sistem pompa sehingga membutuhkan daya listrik yang relatif besar. Artinya PDAM memang sangat bergantung dengan PLN.
    Dengan biaya operasional yang bertambah, jelas keuntungan akan menurun. Tapi masih bisa ditutupi dengan Perbaikan pelayanan, fasilitas, sarana, sehingga mampu menambah jumlah pelanggan baru. Kalau hal itu mampu dicapai, saya yakin  laba akan tetap diperoleh dengan optimal, "terang Suyanto.
    Dia mengakui, kenaikan TDL memang mencekik PDAM dalam langkah mengelolah air bersih dan memberikan pelayanan prima bagi konsumen. Tapi, pihaknya tak mau terjebak untuk menaikan tarif air yang bisa memicu protes pelanggan.

Sumber, Radar cirebon

Related Posts:

Post a Comment