Berbagi Bersama Menjadi Hidup Lebih Bermakna

Dirgahayu PDAM INDRAMAYU

H.Suyanto.ST MT
      INDRAMAYU - Memasuki usianya yang ke-24 tahun, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Darma Ayu Indramayu dituntut untuk terus meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, sesuai dengan tema  perayaan HUT kali ini "Kita Wujudkan Perubahan Yang Profesional Menuju Pelayanan Yang Prima, seperti diungkapkan dalam sambutan Dirut PDAM Indramayu H.Suyanto ST MT pada puncak perayaan HUT PDAM Tirta Darma Ayu ke-24, Sabtu (17/11) kemarin.
     Menurutnya, pendirian PDAM memiliki tujuan untuk mewujudkan serta meningkatkan pelayanan terhadap kebutuhan air bersih masyarakat maka dengan dasar itu diharapkan PDAM mampu menjalankan visi dan misinya menuju kuantitas, kualitas maupun kontiunitas pelayanan air bersih dalam wadah perusahaan yang sehat untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, sejahtera, adil dan makmur.
    Oleh karena itu, perlu adanya aktivitas yang mengarah pada perbaikan dan peningkatan. Perbaikan dan Peningkatan itu, diantaranya adalah upaya meningkatkan kinerja serta pelayanan, meningkatkan pembangunan dan pengembangan pelayanan, meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan fungsi manajemen pengelolaan serta mampu memberikan kontribusi kepada daerah.
    Dia juga menyampaikan, secara umum PDAM mengemban dua fungsi yakni pada fungsi usaha diharapkan mampu berorientasi untuk menghasilkan keuntungan (laba), sementara pada fungsi sosial diperuntukkan kepada masyarakat akan kebutuhan adanya air bersih, kedua fungsi tersebut diharapkan dapat berjalan secara seimbang, terangnya.
    Pada tahun 2011 lalu PDAM Indramayu memperoleh laba hingga Rp.7 miliar, bahkan tahun sebelumnya yaitu tahun 2010 laba PDAM Indramayu mencapai 10,6 miliar. Berdasarkan audit kinerja PDAM Indramayu oleh BPKP Jawa Barat, PDAM Tirta Darma Ayu Indramayu menempati urutan ketiga dengan laba terbesar dibawah PDAM Bogor dan PDAM Bekasi, indikasi sehatnya PDAM juga bisa dilihat dari hutang PDAM Tirta Darma Ayu sebesar 46 milyar, yang terus berkurang dengan cicilan pertahun mencapai 7 milyar. Bahkan hutang sebesar itu akan lunas pada tahun 2013 nanti, kata Dirut PDAM  Indramayu, H Suyanto ST MT, dalam sambutannya kemarin.
    Acara yang berlangsung di Hotel Handayani-Indramayu tersebut cukup meriah sebagai puncak dari acara HUT PDAM Indramayu juga dihadiri oleh Bupati Indramayu Hj.Anna Sophanah, Ketua umum partai Golkar jawa barat H.Irianto MS Syafiuddin dan juga beberapa pejabat tinggi dilingkungan Pemda Indramayu.
    Selain membenahi persoalan administrasi dan keuangan, PDAM juga terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat indramayu melalui pengembangan jaringan.yaitu melalui pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) serta pengembangan jaringan pipa distribusi.
    Melalui upaya ini. Pelayanan PDAM kepada masyarakat telah mengalami peningkatan pesat dari sebelumnya 20 persen sekarang mencapai 45 persen, disamping itu, PDAM juga terus mengemban misi sosial (CSR) dengan memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat disejumlah desa yang mengalami kekurangan air bersih saat musim kemarau.
    Di akhir sambutannya  Suyanto mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Daerah Indramayu dalam hal ini Bupati Indramayu yang telah memberikan kepercayaan untuk memimpin PDAM Selama dua periode, juga permintaan maaf-nya apabila dalam memimpin PDAM banyak kesalahan dan kekurangan, karena menurutnya ini akan menjadi moment terakhir diperayaan HUT PDAM kali ini karena sekitar 3 atau 4 bulan lagi masa jabatannya akan segera berakhir.
    Dalam kegiatan HUT tersebut, secara simbolis H.Suyanto ST MT memberikan penghargaan kepada  pegawai PDAM yang mempunyai masa kerja 10-20 tahun serta pemberian hadiah kepada masing masing cabang yang menjadi juara dan untuk juara umum jatuh pada PDAM Cabang Kandanghaur. (Xayi)

Related Posts:

Post a Comment